Minggu, 18 September 2016

pengertian typography,cara membuat nya dan soal nya

Tipografi, seni cetak atau tata huruf adalah suatu kesenian dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin.
Dikenal pula seni rupa huruf (type design), yaitu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama. Dalam seni rupa huruf, pengertian huruf sebagai lambang bunyi bisa diabaikan.
  cara membuat typography
Sebelum melangkah jauh, sobat harus tahu dulu apa itu Tipografi. dalam bahasa inggris disebut typography. menurut pengalaman saya, tipografi adalah suatu perpaduan antara seni dan teknik mengatur tulisan, sehingga lebih menarik dan lebih mudah di mengerti oleh pembaca. seni tipografi ini, pasti sudah pernah sobat alami, namun belum mengetahui kalau itu sudah termasuk tipografi. contonya ketika menulis di papan tulis yang sebagian papannya rusak, maka semaksimal mungkin, kita akan memanfaatkan bidang yang ada saja untuk menulis. kadang ada huruf yang dikecilkan agar pas dan lebih mudah dibaca.
Berikut adalah hasil dari tutorial kita kali ini.
hasil membuat tipografi wajah di photoshop
Tipografi wajah di photoshop by Safri ST
Dalam tutorial cara membuat tipografi wajah di photoshop. kita akan memanfaatkan bentuk dari tulisan paragraf untuk menampilkan foto wajah yang ada. hasilnya tulisan tetap bisa dibaca, begitu juga wajah, akan tetap bisa dikenali.

Sebelum memulai membuat tipografi wajah, ada baiknya sobat melihat contoh desain tipografi wajah sebagai inspirasi - 10 contoh desain tipografi wajah untuk inspirasi.

CARA MEMBUAT TIPOGRAFI WAJAH DI PHOTOSHOP

Step 1 : Membuka foto di photoshop

Bukalah foto sobat di photoshop. disini saya sudah memiliki foto dengan ukuran persegi yang sama sisi dengan background hitam. foto ini saya sudah crop sedemikian rupa.
gambar untuk latihan tipografi wajah photoshop
Buatlah layer baru diatas foto kita. lalu berikan warna Hitam polos pada layernya. dengan cara menekan ALT Backspace ( tapi pastikan dulu foreground dan background hitam putih ). atau tekan Shift Backspace lalu pilih Color - dan car warna hitam - Ok.
memberikan warna hitam pada layer

Step 2 : Membuat tulisan 

Buatlah tulisan dengan menggunakan Text Tool ( T ). tulislah apa saja yang menurut sobat bisa menggambarkan wajah yang ada pada foto, agar unsur seninya bisa lebih kental. saya menggunakan Huruf Arial dengan besar 14pt berwarna Putih. jenis huruf sebenarnya hanyalah alternatif, yang intinnya hurufnya itu gemuk, supaya tidak banyak area yang kosong. 
Untuk Merapatkan tulisan sobat bisa menggunakan pengaturan pada Windows - Character. silahkan utak atik, saya yakin sobat bisa karena ini tidak beda jauh dengan microsoft word.
membuat tulisan berbentuk paragraf
menulis paragraf di photoshop
Jika sudah selesai menulisnya, tinggal tekan CTRL Enter untuk Apply. nah sekarang komponennya sudah jadi, tinggal kita gabungkan.

Step 3 : Memadukan foto dan tulisan dengan Clipping mask 

Pada layer panel, tarik layer Foto kita ke urutan paling atas. caranya cukup klik tahan pada layer lalu tarik menuju atas.
menggabungkan foto dengan tulisan
memindahkan layer foto ke paling atas
Kemudian Klik kanan pada layer foto dan pilih Create Clipping Mask. maka seketika foto dan huruf langsung menyatu. cara kerja dari Clipping mask adalah foto kita akan terlihat tergantung dari bentuk objek yang ada dibawahnya. nah disini bentuk yang kita pakai adalah susunan tulisan, jadi bidang pada susunan tulisan itu akan memperlihatkan gambar yang ada diatasnya yaitu foto.
gunakan fitur create clipping mask
cara memanggil Clipping mask
Tampilannya akan seperti dibawah ini. sebenarnya ditahap ini kita sudah bisa menghasilkan efek tipografi wajah. namun alangkah baiknya kita lanjutkan dengan memberikan nuansa yang lebih agar bertambah nilai seninya. 
setelah menggabungkan tulisan dan gambar
hasil clipping mask foto dengan tulisan di photoshop

Step 4 : Merotasi tulisan

Sekarang coba pergi ke layer tulisan dengan cara klik layernya. kemudian tekan CTRL T lalu geser kursor ke bagian sudut sehingga muncul ikon rotasi lalu klik dan putarlah tulisan kita. maka sobat akan melihat hasil yang lain dari sebelumnya. teknik ini juga bisa menambah keindahan pada tipografi wajah kita.
Sobat juga bisa memberikan efek dengan mengurangi beberapa kata pada tulisan kita, sehingga ada bentuk yang tercipta di bagian pinggir wajah.
memutar tulisan agar lebih unik
setelah merotasi tulisan di photoshop

Step 5 : Membuat foto hitam putih

Untuk bisa menghasilkan Efek tipografi wajah yang sama seperti yang saya tunjukan diawal. maka kita harus membuat foto menjadi hitam putih. kembali bekerja dilayer foto. kemudian tekan CTRL SHIF U atau bisa juga pergi ke Image - Adjusment - Desaturate. maka foto langsung berubah menajdi hitam putih seketika.
membuat foto menjadi hitam putih
membuat foto menjadi hitam putih
Hasil akhir membuat tipografi wajah di photoshop
hasil kahir membuat tipografi wajah di photoshop
Tipografi wajah di photoshop by Safri ST
Tips : Untuk membuat yang lebih menarik lagi, silahkan padukan besar kecil huruf agar bentuknya bisa unik. atau gunakan beberapa jenis huruf yang berbeda. selain itu gunakan bentuk tulisan pada pengaturan warp text. sobat bisa mempelajarinya di cara membuat berbagai macam bentuk tulisan di phtoshop.

Semoga tutorial tipografi wajah di photoshop kali ini bisa membuat sobat lebih kreatif lagi dalam membuat desain grafis. jika ada kekurangannya mohon dimaafkan
soal soal tipografi
1. Ilmu yang mempelajari mengenai tata letak dan susunan huruf adalah ....
A. Hurufgrafi
B. Fonetik
C. Tipografi
D. Nirmana
E. Warna

2. Tipografi berasal dari kata Tupos dan Grapho, arti kata Tupos adalah....
A. Gambar
B. Tulisan
C. Warna
D. Bentuk
E. Huruf

3. Pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistik disebut ....
A. Kesederhanaan
B. Point of interest
C. Clarity
D. Simplicity
E. Unity

4. Bagaimana sebuah karya tersebut dapat mudah dimengerti dan tidak menimbulkan ambigu/ makna ganda disebut ....
A. Kesederhanaan
B. Point of interest
C. Unity
D. Simplicity
E. Clarity

5. Kualitas pada huruf membuat huruf
tersebut dapat dibaca adalah....
A. Legibility
B. Readibility
C. Visibility
D. Clarity
E. Unity


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Recent

Random